3⃣ PERTANYAAN

Desember 29, 2019
══════════════════════
    🔰 FAKULTAS FIQH  &     
    ‎  LUGHOH MAAJIM 🔰
 ⭐️ 3⃣ PERTANYAAN ⭐️
      ‎  SOAL JAWAB No. 58
══════════════════════

 Pertanyaan-Pertanyaan :

Assalamualaikum...
Ustadz, saya mau bertanya 1⃣ kalau shalat tahajud boleh tidak kalau tidak tidur terlebih dahulu? dan yang ke-2⃣ boleh tidak puasa sunah tanpa sahur terlebih dahulu? Jazakallohu Khoir.


👆💬 *Ustadz Saeed Albandunjie* _(Abu Yaman -laqob dari Syeikh Adil Manshur-)_

Walaikumsalam warahmatullah wabarakatuh...

Boleh saja dgn dalil hadist Abu Hurairah –radiyallahu anhu-  :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لَا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya :  berwasiat kepadaku Nabi – shalallahu alaihi wa sallam- dengan tiga perkara yang tidak pernah aku tinggalkan yaitu : agar berpuasa 3 hari dalam sebulan dan sholat dhuha dan tidur dalam keadaan sudah shalat alwitr. Hadits mutafaq alihi.

Adapun puasa tanpa sahur kalau yang dimaksudkan sudah berniat di malamnya tetapi sahurnya kesiangan maka boleh bagi yang puasa sunnah dan puasa wajib.

Tapi... kalau tidak diniatkan dari malamnya kemudian mendadak di pagi hari langsung puasa tanpa sahur maka ini hanya boleh untuk yang puasa sunnah dan tidak boleh bagi yang berpuasa wajib seperti puasa Romadhon.

Contoh kasus, seseorang mau puasa sunnah Kamis, misalnya. Dia tidak sempat berniat di malamnya, dan di pagi hari baru ingat dan baru berniat puasa padahal dia  dalam keadaan belum makan apa-apa (belum sahur), maka bagi yang puasa sunnah bisa diterima puasanya seperti di hadist Aisyah –radiyallahu anha- di Shohih Muslim :

عن عائشة أم المؤمنين قالت
 : دخل على النبي صلى الله عليه و سلم ذات يوم فقال هل عندكم شيء ؟ فقلنا لا قال فإنى إذن صائم

Artinya : masuk ke rumahku Nabi –shalallahu alaihi wa sallam- pagi hari sebelum sarapan, apakah kamu mempunyai sesuatu?. Dikatakan tidak ada apa-apa untuk dimakan, maka berkata Nabi –shalallahu alaihi wa sallam : kalau begitu aku berpuasa". (di sini diijtihadkan ulama puasa sunnah karena puasa ramadhan tidak akan bertanya untuk sarapan)

قال النووي : ( باب جواز صوم النافلة بنية من النهار قبل الزوال وجواز فطر الصائم نفلا من غير عذر والأولى إتمامه )

Maka berkata an-Nawawi di Syarh Shohih Muslim : Bab Boleh Puasa Nafilah/Sunnah dengan Niat di Pagi Hari Sebelum Waktu Dhuhur.

Adapun puasa Ramadhan harus berniat di malamnya (madzhab jumhur ulama) sesuai atsar Hafsah dan Ibn Umar yang shohih dikeluarkan Ashabussunaan seperti Imaam Malik di Muwtho-nya :

عن حفصة : من لم يبيت الصيام قبل الفجر فلاصيام له

Artinya : "barang siapa yang tidak berniat di malam puasa wajib seperti Ramadhan sebelum fajar maka tidak diterima puasanya".

3⃣ 🔒❔ Pertanyaan :

Assalamualaikum...
Pak ustadz apa maksud dari ucapan Abu Hurairah  : خَلِيلِي

👆💬 *Ustadz Saeed Albandunjie* _(Abu Yaman -laqob dari Syeikh Adil Manshur-)_

Walaikumsalam warahmatullah wabarakatuh...

خليل أي الصَّدِيق على وزن فَعِيل بمعنى مُفَاعِل وقد يكون بمعنى مفعول.
أي: الصَّداقة. والخُلّة أعلى درجات المحبة و الصداقة.

Khaliil adalah: teman yang paling dekat atas wazn faiil bermakna mafaail  atau mafuul, yakni shodiiq bermakna shodaaqoh. Walkhullah  الخلة derajat tertinggi untuk percintaan. Lebih dari hanya teman biasa.

Seperti disebutkan dalam Al-Qur’an :

كما قال تعالى: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ. البقرة :254 

"Wahai orang-orang yang beriman infaqkanlah dari apa-apa yang Allah berikan sebelum datangnya hari yang tidak ada jual-beli dan nepotisme (pertemanan atau persahabatan)".


والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »