Faedah Media Sosial Bila Untuk Kebaikan

Februari 24, 2017
🌾Silsilah Fatawa Salafy🌾

FAEDAH MEDIA SOSIAL BILA UNTUK KEBAIKAN

SOAL
Apakah Group Whatshap dianggap seperti majlis ilmu?

Jawaban Syaikh Muhammad Bazmul hafid
hohullah :

✏ Group whatshap dan telpon dan menyimak muhadhoroh di internet semua hal itu bisa dihukumi majlis ilmu bila diperoleh pengambilan ilmu.

✏ Semuanya mungkin juga bisa dihukumi sebagai majlis Allaghwy (hal yang sia sia) dan batil bahkan melalaikan bilamana bila tidak didapatkan pengambilan faedah didalamnya.

✏ Seorang mukmin sudah sepantasnya dia menjadi orang yang cerdas dan cerdik yang akan mengkoreksi hal yang akan diperbuatnya dan yang akan memberi manfaat di akherat nya.

✏ Dan bila dia melihat ditempat ini  di Group ini diikutkan dan terlibat dalam di Group ini atau duduk bersama dengan mereka yang akan menjatuhkan dia dalam perkara yang diharamkan atau perkara yang tidak pantas, maka sudah selayaknyalah untuk dijauhinya.

✏ Dan bila tidak ada semuanya itu diatas,demi Allah maka padanya ada kebaikan ada manfaatnya ada faedahnya maka Alhamdulillah ini ada faedahnya, dan suatu bentuk dari bentuk majlis ilmu yang Allah telah berikan kemudahan faedah dengan hal itu dan bermanfaat disertai dengan memperhatikan Dhowabit ketentuan dalam masalah ini di facebook ,what shap dan lain sebagainya.

✏ Bila kamu lihat pada group itu ada ketentuan dan syaratnya ,justru sebaliknya yaitu kamu dapat ambil faedahnya yang banyak.

✏ Berapa banyak faedah ilmiyah yang satu faedah bisa diambil manfaatnya dari program yang ada di Media Sosial terkhusus bila faedah ilmiyah itu yakni diwaktu saudara saudaramu dapat mengingatkanmu di medsos tersebut hal yang sudah diketahui di benakmu yakni kamu bisa mencari dan meneliti secara tiba tiba kamu bisa segera mendapatkan satu jawaban bagi kamu dari orang yang dianggap tsiqoh (dipercayai) maka ini satu barang berharga yang telah diraihnya .

✏ Tentu sama ada kamu di whatsap seperti di group kamu secara khusus semua itu bisa kamu dapati faedahnya yang dapat dipindah kan atau diketahui atas faedah yang ada padamu dengan diberi tandanya yang bisa menyimpan  bagimu beberapa file yang bisa diambil faedah nya.. Ini lah yang bisa membantu kamu.
Tentunya ini lebih baik bukankah demikian, benar apa tidak?
Wa shollallahu ala Muhammad wa alihi wa shohbihi wa sallam

Teks arab

📌 سؤال وجه للشيخ محمد بازمول
حفظه الله ورعاه 🌱

☎ السؤال :
☜ هل مجموعات الواتس تعتبر كـ مجالس العلم ؟

📝 الجواب مفرغ :

✏مجموعات الواتس والتلفون والإستماع إلى محاضرات عبر النت كلها تأخذ حكم مجالس العلم إذا حصلت فيها الإستفادة

☜وكلها ممكن تأخذ حكم مجالس اللّغو والباطل بل اللهو كمان إذا لم يحصل فيها الإستفادة ، والمؤمن ينبغي عليه أن يكون كيّسًا فطِنًا يبحث عمّا يفعله وما ينفعه في الآخرة

☜وإذا رأى أنه في هذا المكان في هذه المجموعة في هذه الخلطة خُلطتهُ أو إشتراك أو جلوسُ معهم يوقعه في أمور من الحرام أو أمور لا تليق ينبغي أن يجتبها، وإذا كان لا والله فيها الخير وفيها منفعة وفيها فائدة فـ الحمد لله هذا نوع من الفائدة وصورة من صور مجالس العلم اللي يسّر - الله سبحانه وتعالى - بها الفائدة والنفع مع مراعاة الضوابط في هذا الباب الفيس بوك و الواتس آب وغيرها، إذا رأيت فيها الضوابط بالعكس تستفيد منها فوائد كثيرة

✏🏻كم من فائدة علمية الواحد استفاد منها من هذه البرامج التواصلية ، خاصة إذا كانت الفائدة العلمية يعني في وقتها إخوانك يذكّرونك بها تكون معلومة في ذهنك أنت يعني تبحث عنها وتبغاها تتفاجأ الواحد جابك لك مُوثّقه فهذه زي الغنيمة.

✔طبعاً سويلك انت في الوتس كمان مجموعة خاصة بك كل ما تلاقي فائدة تنقلها فيه ، او علم على الفائدة عندك بنجمة علم عليها بنجمة تحفظها لك زي اشياء تستفيدها هذا ما يساعدك إيش احسن من هذا ؟ صح ولا لا ؟

وصل اللهم على محمد وعلى آله وصحبه وسلم 🌱

🔹لفضيلة الشيخ محمد بن عمر بازمول  حفظه الله ورعاه.

📤 للاستماع والتحميل mp3 من هنا
http://a.top4top.net/m_357e5rkx0.mp3



💥أسأل الله أن ينفع بها الجميع

Alih bhs

Alfaqir ilallah Abu khuzaimah Abdussalam

🍃WA Salafiyah Al Haqqul Mubin🍃

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »