SILSILAH FAEDAH ILMU

Maret 22, 2017
📚SILSILAH FAEDAH ILMU📚
Risalah ini kami hadiahkan buat mereka kaum muslimin terlebih bagi mereka yang belum berhaji... Sehingga terluputkan pahala hajinya...
Namun jangan merasa berkecil hati anda masih ada kesempatan untuk melakukan ibadah yang pahalanya seperti ibadah haji GRATIS tanpa ada biaya apapun...
Cukup anda siapkan buku pena lalu anda pergi dan hadir ke Masjid baik dengan jalan kaki atau berkendaraan dengan niat ikhlas karena Allah utk menuntut Ilmu di Majlis para Ahli ilmu dari kalangan Ahlussunnah wal jamaah ..niscaya anda akan mendapat keberuntungan...
Dalilnya :
Telah bersabda Rosulullah shallallahu alaihi wassalam :
Barangsiapa yang telah pergi ke masjid tidaklah yang diinginkan kecuali niat untuk belajar ilmu yang baik atau mengajarkannya niscaya dia akan mendapatkan pahala seperti pahala hajji secara sempurna dari hajinya
Shoheh targhib juz1/145
Telah berkata Syaikh Sulaiman Ar Ruhaily hafidhohullah :
Inilah ya ikhwah haji yang tidak terkait dengan waktu tertentu yang mungkin sj engkau akan bisa meraih pahala haji pada setiap waktu..
Ini haji juga yang tidak terkait dengan tempat tertentu yang mungkin engkau dapat menggapai pahala haji sedang kamu ada di Mesir, atau di Magrib atau di Amerika atau dimanapun berada..
Kamu pergi ke Masjid dan niatmu ikhlas dan benar  bahwa kamu ingin mengajarkan ilmu kebaikan atau kamu mempelajarinya, niscaya kamu dapat meraih pahala orang yang berhaji yang sempurna hajinya..
Perhatikan oleh kalian disini ya ikhwah perkara yang sangat penting...
Bahwa Nabi shallallahu alaihi wassalam menetapkan dengan tertib pahala yang besar  atas kepergiannya ke masjid dengan niat belajar atau mengajar..
Dan beliau tidak menyebutkan bahwa dia ini telah mendapat ilmu..
Maka barangsiapa yang perginya ke masjid dengan niat belajar ilmu niscaya dia akan mendapat keutamaan ini sampai walaupun  dia tidak mendapati Syaikh yang mengajar ilmu..
Maka bila dia mendapati bepergiannya dengan niat yang baik niscaya dia akan memperoleh pahala..
Maka jika dia memperoleh ilmuny maka berarti ini adalah cahaya ilmu diatas cahaya ilmu dan pahalanya berlipat ganda..
Dan ini ya ikhwan tidaklah bertentangan dengan didapatinya niat yang lain seperti kamu datang ke mesjid dengan niat sholat ashar dan niat duduk di majlis untuk mendengar kajian.. Maka ini cahaya ilmu diatas cahaya maka dia akan mendapat pahala sholat dan pahala menuntut ilmu..
Oleh karena itu kami ingatkan ikhwah bahwah kaun muslimin yang bepergian ke Madinah untuk berziarah sudah sepantasnya mereka menggabungkan diantara dua niat berziarah ke masjid Rosulullah shallallahu alaihi wassalam dan niat untuk menuntut ilmu di Madinah..
Dinukil dari syarah Shoheh targhib pelajaran ke 21
Teks arab
🌱 قال رسول الله ﷺ :
*"من غدا إلى المسجدِ لا يريد إلاّ أنْ يتعلم خيراً أو يُعلِّمه، كان له كأجرِ حاجٍّ، تامّاً حجَّتُهُ".*
📚 [ صحيح الترغيب (1/145) ]
                                         
🌱 قال الشيخ سليمان الرحيلي -حفظه الله-:
هذا يا إخوة حج لا يتقيد بزمان مخصوص، يمكن أن تنال أجر الحج في كل وقت، وهذا حج أيضا لا يتقيد بمكان مخصوص، يمكن أن تنال أجر الحج وأنت في مصر أو في المغرب أو في أمريكا أو في أي مكان، أن تذهب الى المسجد ونيتك خالصة صادقة أنك تريد أن تعلم الخير أو تتعلمه، تفوز بأجر بالحاج الذي تم حجه.
والحظوا هنا يا إخوة شيئا مهما جدا، أن النبي ﷺ رتب الثواب العظيم على الذهاب إلى المسجد بنية التعلم أو التعليم ولم يذكر النبي ﷺ أنه حصل العلم، فمن ذهب إلى المسجد بنية أن يتعلم حصل له هذا الفضل حتى لو لم يجد الشيخ، فإذا وجد الذهاب مع النية الصالحة حصل الثواب، فإن حصل العلم فهذا نور على نور، وأجور مضاعفات.
وهذا يا إخوة لا ينافيه أن توجد نية صالحة أخرى، مثلا أتيت إلى المسجد بنية صلاة العصر وبنية الجلوس في الدرس،   هذا نور على نور، فيحصل ثواب الصلاة وثواب طلب العلم.
ولذلك ننبه الإخوة على أن المسلمين الذي يسافرون إلى المدينة للزيارة ينبغي عليهم أن يجمعوا بين نيتي زيارة
مسجد الرسول ﷺ للصلاة فيه ونية طلب العلم في المدينة.
📚 [ شرح صحيح الترغيب الدرس 21 ]
Alih bhs
Abu khuzaimah Al Atsary
📖🌾 AL- HAQQUL MUBIN 🌾📖

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »